Jakarta, Liga178 News – Presiden Ke-3 RI BJ Habibie selama hidupnya menorehkan banyak prestasi dibidang teknologi, salah satunya penerbangan. Karya ini satu-satunya yang hadir pada tahun 1995, karena tidak semua negara bisa membuat pesawat pada tahun tersebut. Pesawat N250 boleh jadi adalah salah satu karya anak bangsa Indonesia yang paling dibanggakan. N250 dibuat oleh IPTN (PT Dirgantara Indonesia-Red) mampu terbang ke langit Samudra.

IPTN N-250 merupakan pesawat transportasi regional turboprop yang merupakan gagasan oleh BJ Habibie. Huruf “N” diambil Nurtanio atau Nusantara. Sedangkan “2” yang berarti pesawat bermesin ganda. Untuk “50” sendiri diambil dengan kapasitas 50 penumpang.

Peluncurant epat seminggu sebelum perayaan ulang tahun ke50 kemerdekaan Indonesia, pesawat piawai tersebut pertama N-250 tuboprop yang penuh dengan makna. Ia disebut sebagai “Bapak Teknologi” Ini adalah pesawat komersial pertama yang didesain dan dibuat seluruhnya oleh teknisi dan engineer Indonesia.

Pesawat ini mampu bersaing dipasar dunia, dalam pameran Indonesian Air Show edisi 1996 yang berlangsung di cengkareng. Rencana pengembangan N-250 pertama kali diungkapkan oleh IPTN pada pameran Paris Air Show ditahun 1989.

N-250 mampu terbang dalam kecepatan 615 kilometer per jam secara maksimum. Ia telah dijuluki sebagai gatot kaca yang bisa menghilang sekejap dalam tempuhan perjam nya. Bisa melesat tinggi di nusantara dan mengarungi langit-langit kota Indonesia.

Meskipun proyek pesawat ini dihentikan, rakyat Indonesia tetap banyak yang mengenang nya sebagai pencapaian teknologi yang luar biasa peran besar BJ. Habibie Karya Emas Bangsa. Tanpa ia semua orang tidak bisa terbang ke penjuru kota-kota Indonesia, maupun ke luar negri.

Kepergian BJ.Habibie Meninggal September 11, 2019. Pada usia beliau 83 tahun, dan harus meninggalkan dunia untuk selamanya. Menyuratkan berita yang sangat viral sekali, sang tokoh mantan presiden RI-3.

Selamat jalan BJ. Habibie, Liga178 News selalu menyertai dalam doa untuk kepergian sang beliau. Semoga ia bisa diterima sisinya, dan dapat dikenang oleh semua khalayak ramai.