Liga178 News, JakartaPesawat Garuda Indonesia nyaris saling adu moncong di taxiway Bandara Soekarno-Hatta, namun Pilot salah mendengarkan instruksi yang diberikan petugas ATC.

Pesawat yang nyaris adu moncong tersebut milik Garuda Indonesia dengan masing-masing nomor penerbangan GA-649 yang baru datang dari Ternate dan GA-264 yang akan take off. Kejadian bermula saat dengan nomor penerbangan GA-649 dari Ternate tersebut akan mendarat, kemudian pesawat itu menerima instruksi dari menara ACT untuk masuk ke jalur NC3.

Akan tetapi, Pilot tidak mendengar instruksi tersebut dan masuk ke jalur NP2, dan pada saat yang bersamaan, GA-264 (yang akan take off) sudah berada di posisi NP2 sehingga membuat kedua pesawat dalam kondisi berhadapan (head on). Hingga GA-649 diseret keluar dari jalur NP2 dan GA-264 untuk melanjutkan take off.

Dengan kejadian ini, pihak Garuda Indonesia angkat bicara mengenai dua pesawatnya yang hampir adu moncong, pejabat Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt Tumpal M Hutapea menyampaikan, pesawat Garuda Indonesia Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan GA-649 rute Ternate-Jakarta sempat mengalami salah belok di taxi way.

Seluruh 157 penumpang beserta 7 orang awak kabin yang berada di pesawat tersbut selamat dan keluar dari pesawat secara normal. Garuda Indonesia juga memohon maaf atas ketidaknyamanan dan keterlambatan yang dialami oleh penumpang. Hingga saat ini Garuda Indonesia menyelidiki kejadian tersebut agar kedepannya tidak akan menjadi bahan evaluasi lebih lanjut.