Liga178 News, Medan – Warga Medan di kagetkan dengan ratusan bangkai babi yang mati karena virus hog cholera yang berserakan di aliran sungai Sumatera Utara (Sumut).

Virus hog cholera hanya menyerang dan menular dari babi ke babi lain, dan belum ditemukan menginfeksi manusia. Namun ternak yang terinfeksi virus tersebut tidak bisa diobati. Dengan melakukan upaya pencegahan virus dengan melakukan sanitasi terhadap kendang, dan pemberian vitamin serta vaksin pada ternak yang sehat.

Untuk penanganan bagkai babi yang terinfeksi virus hog cholera ini dihimbau jangan menunda untuk menguburkan. Dengan melakukan penguburan dan pemusnahan dengan dibakar, tidak untuk dibuang ke sungai atau pun di buang ke hutan.

Kejadian ini pun menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat, mengenai bangkai hewan ternak itu dikhawatirkan akan menjadi sumber penyakit. Masyarakat pun merasa terganggu dengan bau menyengat dari bangkai babi tersebut.

Warga berusaha mendorngnya agar terbawa arus sungai medan, karena pada saat ini di daerah Sungai Bederah sedang naik dan akan dimanfaatkan masyarakat untuk mendorong bangkai babi agar bisa terbawa arus sungai.