Jakarta, Liga178 News – Badan Meteorologi dan Klimatologi atau dikenal BMKG. Sedang memperkirakan jadwal awal Musim Hujan kali ini disebagian wilayah besar di Indonesia. diPrediksikan akan mulai pada bulan November ini atau Desember. Karena Indonesia masih mengalami musim kemarau berkepanjangan.

Prediksi BMKG saat ini sedang menyatakan bahwa Musim Kemarau, akan berlangsung selama 2-4 minggu lagi. Yang dimana akan dialami oleh kota bagian Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan juga Timur, Maluku bahkan hingga Papua Barat, Sumatera Selatan, dan juga Sulawesi Utara pada kemudian hari.

BMKG juga disebut sebagai memprediksi bahwa musim kemarau dengan tepat pada tahun 2020. Umumnya akan dimulai lagi kembali pada bulan April-Mei hingga Oktober 2020.

Panjang nya musim hujan dan musim kemarau disetiap daerah. Iklim suatu daerah juga dipengaruhi oleh kondisi lokal suatu daerah. Misalkan daerah sebaran seperti daratan-pegununggan, tutupan lahan, bahkan sampai dataran tinggi.

Secara umumnya Indonesia memiliki 3 iklim yang berbeda beda : iklim pertama adalah daerah yang memiliki puncak curah. Umumnya terjadi pada bulan Desember hingga Februari.

Kedua adalah daerah yang memiliki puncak curah hujan diawal bulan Maret dan diakhir tahun sekitar November.

Ketiga adalah daerah dengan curah hujan tipe lokal, dengan rata-rata puncak hujan curam disetiap minggu nya.