Jakarta, liga178 News — Jalur wisata pendakian Gunung Lawu dari pintu pos pemberangkatan Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kembali dibuka mulai Kamis (25/6) setelah lama tutup demi mencegah penyebaran virus corona.

Setelah kembali dibuka, petugas Perum Perhutani KPH Lawu Ds menerapkan protokol kesehatan yang ketat, salah satunya membatasi jumlah turis dan pendaki hingga 500 orang per hari.

Setiap pengunjung, baik turis maupun pendaki, juga wajib melewati pemeriksaan petugas di pintu masuk, mulai dari pengecekan suhu tubuh, kewajiban mencuci tangan, sampai penggunaan masker.

Pengunjung juga wajib menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Aturan protokol kesehatan tersebut hendaknya dipatuhi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Ada tiga puncak di gunung setinggi 3.265 mdpl ini, yakni Puncak Hargo Dumilang, Puncak Hargo Dalem, dan Puncak Hargo Dumiling.

Dari ketiga puncak tersebut, Puncak Hargo Dumilang merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu.

Sementara itu, ada dua jalur pendakian di punggung Gunung Lawu, yakni Cemoro Sewu di kawasan Sarangan Magetan dan Cemoro Kandang di kawasan Tawangmangu.

Selama ini Cemoro Sewu dianggap sebagai jalur pendakian yang medannya cocok bagi pendaki pemula.

Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Lawu, nantinya pendaki melawati lima pos.

Selain puncaknya, Gunung Lawu juga memiliki sejumlah objek wisata lain, beberapa diantaranya ialah danau Telaga Sarangan dan perbukitan Tawangmangu.