Jakarta,Liga178 News – Olaharaga catur dianggap haram baru baru ini. pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia ( PB Percasi) mengambil positif penilaian itu.

Catur mendadak menjadi pembicaraan setelah pernyataan Ustaz Abdul Somad tentang hukum catur yang haram dan bukan merupakan Olaraga. Dalam ceramahnya pada 2017 di Video Youtube, UAS menilai catur mubazir waktu karena si atlet hanya bengong.

Menanggapi hal itu, Percasi ,menaggapi dingin penilaian dari UAS. Mereka mengambil hal positif dari ramainya pernyataan UAS tersebut di linimasa.

“Rasanya tidak perlu kami tanggapi sampai (ambil sikap). Nanti tambah ngetop juga. ini saja saya dengar sudah ditonton jutaan kali rekamannya di Youtube” kata sekretaris Jenderal PB  Percasi, Henry Hendratno.

Terlepas dari itu, Henry sebagai pribadi menyayangkan hal itu bisa terlontar oleh UAS.

“Semestinya sebelum mengucapkan atau beri statement harusnya dipikirkan dulu akibatnya. Kami di Percasi tak perlu menanggapi karena catur pun kini tengah persiapan menghadapi SEA Games dan pekan depan akan berangkat ke Filipina “ Kata Henry.

“kalau haram tidak mungkin dimasukkan sebagai salah satu cabor(yang dipertandingkan). Jadi kalau saya pribadi tak perlulah menilai sesuai haram atau halal. Bahkan mungkin kita melangkah ke tempat yang tak tepat saja kalau dibilang haram. Tapi apa mungkin karena kita ini seharusnya bisa menerima perkembangan saat ini”