Jakarta, Liga178 News – Kendaraan roda empat atau yang lebih dikenal sebagai mobil, memiliki 2 jenis pengunaan nya. Pertama manual dan automatic. Transmisi otomatis saat ini lebih digandrungi oleh sebagian orang. Karena sistemnya memudahkan penggunanya di jalan saat kondisi jalan menanjak dan menurun bahkan hingga keadaan macet.

Arti Huruf dan Angka Mobil Matik memberikan arti kondisi, dan juga edukasi seputar dunia teknologi.

Mobil transmisi otomatis akan membuat pengemudi tidak perlu bersusah payah, menginjak kopling dan memindahkan tuas persneling. Pengemudi cukup fokus berkendara untuk sekali pemindahan tuas ke posisi D (drive), L dan R. Masing-masing memiliki pengunaan nya yang berbeda.

Namun sebagai pengguna mobil matik, kita juga harus paham terkait kode-kode yang tertera pada transmisi tersebut. Di dekat tuas persneling umumnya terdapat beberapa huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, dan L yang masing-masing punya fungsi berbeda.

P, yang artinya adalah parking atau parkir. P biasa digunakan untuk mobil yang diparkir sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak akan bergerak.

R, yang artinya Reverse atau gigi mundur. Jika ingin mundur kita harus memindahkan tuas pada posisi R.

N merupakan Neutral atau netral. Dalam posisi ini, mesin dan transmisi tidak terhubung.

D sebagai singkatan dari Drive atau jalan. Mobil matik melaju dengan posisi transmisi D untuk berkendara maju. Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur secara otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem.

2, berarti menahan gigi tertinggi di gigi 2. Angka 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam. Jadi jika kita hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak.

L maksudnya menahan roda gigi tertinggi di gigi 1.

Selanjutnya ada juga beberapa mobil bertransmisi matik yang memiliki Shift Lock di sekitar tuas transmisi.

Shift Lock fungsinya untuk melepas pengunci tuas transmisi, sehingga bisa dipindah ke posisi N ketika mesin mati. Shift Lock bermanfaat saat parkir parallel, sehingga mobil matik mudah bergerak maju dan mundur. Itulah dia pengertian dari arti masing-masing huruf dan angka yang tertera di mobil auto matik.