Jakarta, Liga178 News — Perusahaan asal India bakal meluncurkan 35 satelit internet mini yang akan membentuk konstelasi untuk menyediakan jaringan 5G di negara itu.

Rencana Vestaspace Technology ini mengikuti jejak SpaceX yang sudah terlebih dulu meluncurkan konstelasi satelit internet mini mereka tahun lalu.

Perusahaan berbasis di Pune ini akan meluncurkan konstelasi satelit versi beta pada September tahun ini. Diperkirakan konstelasi satelit ini bakal beroperasi penuh pada awal 2021.

Rencananya, perusahaan akan menawarkan internet satelit ini bekerjasama dengan operator telekomunikasi dan penyedia internet (ISP) yang ada. Tapi, Vestaspace pun telah mengambil lisensi untuk menawarkan layanan ini langsung kepada pengguna.

Berdasarkan pernyataan resmi perusahaan, Vestaspace telah memasang delapan stasiun pengendali di Bui dan 31 ribu penerima data satelit di seluruh India.

Perusahaan mengklaim telah memenuhi semua persyaratan dan lisensi yang diajukan pemerintah setempat.

Proyek 5G pemerintah India sempat terganggu akibat pandemi virus corona. Namun, perusahaan yakin proyek mereka ini tidak akan terganggu oleh pandemi tersebut.