Jakarta, Liga178 NewsDibaliknya festival musim dingin di Harbin, ada sekelompk penambang es yang bekerja desmi sesuai nasi. Festifal yang diakan di China ini banyak yang mengisi kegiatan nya. Salah satunya dengan cara menambang es batu, tidak kurang untuk setiap balok es nya dihargai 10 ribu rupiah.

Lebih dari 100 orang yang bekerja di sungai Songhua untuk menambang 170 ribu meter luasnya. Yang ingin dibutuhkan untuk Festifal Es Wisata di Harbin tahun 2019 ini. Jumlah yang cukup untuk mengisi ukuran 70 kolam olimpiade.

Bisa terbayang bukan Festival Musim Dingin, bongkahan es yang amat luas ini, harus siap di akhir tahun 2019. Demi sesuap nasi, salah satu pekerja rakyat cina bahkan ada yang bekerja 12 jam. Untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, beserta keluarga nya.

Tempat Wisata Unik yang berasal dari Harbin, akan siap menikmati betapa indahnya. Namun pekerja harus berendam dalam dinginnya sungai disetiap harinya. Tapi itu merupakan resiko yang besar, diambil oleh para pekerja yang merupakan sebagian dari petani desa. Untuk mengarap uang tambahan selama musim dingin.

Para petani es memotong 2.000 keping es dalam setiap harinya. Tapi tepi sungai masih saja belum terlebih disepanjang mata memandang. Mereka masing-masing bisa menghasilkan 500 yuan atau sekitar rp 1 juta dalam 1 hari.

Sesampainya di tepi sungai (Wisata di China), mereka langsung mengunakan gergaji motor besar. Untuk bisa memotong permukaan es seluas 220×190 meter. Lebih besar dari 3x lipat nya lapangan sepak bola.

Para pekerja sangat antusian menikmati makan siang nya, yang berupa hasil tangkapan dari sungai tersebut.