Liga178 News, IndonesiaPesawat Batik Air seri A-320 dengan nomor penerbangan ID-6548 tujuan Jakarta – Kupang mendarat darurat di Bandara El-Tari Kupang, Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 1.15 Wita.

Diduga, sang Pilot pingsan akibat serangan jantung saat pesawat hendak landinh, Petugas KNKT pun bergerak cepat dengan memeriksa kondisi pesawat dan melarikan pilot ke Rumah Sakit Siloam Kupang. Dan pesawat pun mendarat darurat, dan berhasil mendarat mulus di bandara.

Pesawat pun di Tarik menggunakan mobil push back dari ujung landasan bandara menuju pelataran pesawat. Akibatnya pesawat lain pun yang hendak mendarat harus menunggu proses evakuasi pilot Batik Air.

Kepala IGD RS Siloam dr Herbert mengatakan, pilot tersebut tengah mendapat perawatan di ruang IGD RS Siloam, hingga pukul 19.00 Wita pilot tersebut belum dipindahkan ke ruang perawatan. Mengenai penyebab utama dan sakit yang diderita oleh pilot Batir Air tersebut, dr Herbert mengaku tidak dapat mengungkapan sebagaimana standar kode etik rumah sakit tersebut.

Kepala IGD mengonfirmasi, pasien tidak bersedia untuk diwawancarai. Namun demikian, ia mengatakan akan memberikan informasi jelas melalui humas rumah sakit pada Senin 18 November 2019. Pihak LionAir Group mengklarifikasi mengenai insiden tersebut, dan membantah bahwa pilot itu pingsan di udara.