Jakarta, Liga178 News – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu bersaing sengit di LaLiga. Dua musim setelah tak satu kompetisi lagi, siapa lebih tajam? Berikut statistiknya.

Ronaldo sudah meninggalkan Real Madrid sejak musim panas 2018 setelah sembilan tahun berada di sana. Adanya Ronaldo di LaLiga makin memanaskan persaingan Madrid dan Barcelona.

Setelah tak lagi berada di satu kompetisi yang sama, publik tentu penasaran sebenarnya lebih tajam mana antara Messi atau Ronaldo. Karena selama ini keduanya kerap bergantian menguasai daftar pemain terbaik dunia serta top scorer LaLiga.

Squawka mencatat sejak musim 2018/2019, Messi telah membuat 54 gol dari 54 pertandingan LaLiga, termasuk terakhir saat membuat empat gol ke gawang Eibar akhir pekan kemarin.

Kaki kiri masih jadi senjata utama Messi dengan 49 gol dibuat dari sana, sisa lima gol dibuat dari kaki kanan. Belum ada gol yang dihasilkan pemain Barcelona itu dari kepalanya selama hampir dua tahun ini.

Dari 54 gol itu, 10 di antaranya dibuat dari tendangan bebas dan enam dari penalti. Ada 37 gol dibuat dari dalam kotak penalti dan 17 di luar kotak penalti. Lalu, bagaimana dengan statistik Ronaldo?

Ronaldo memang tak setajam Messi karena maklum saja, dia bermain di Serie A yang terbilang baru untuknya. Tapi, total 42 gol dari 52 laga di Serie A sudah terbilang bagus untuk pemain yang berusia 35 tahun itu.

Rinciannya adalah 28 gol dari kaki kanan, delapan dari kaki kiri, dan enam dari sundulan. Hanya satu gol dibuat Ronaldo dari luar kotak penalti, sementara 41 gol di dalam kotak penalti. Itulah yang yang membuat Ronaldo dijuluki Predator Ulung di kotak penalti.

Belum ada satu pun gol dibuat Ronaldo dari free kick yang harusnya jadi senjata andalan. Ada 12 gol dihasilkan striker Juventus itu dari titik putih.

Messi baru saja memecahkan rekor hat-trick Ronaldo di level klub, yakni 48 berbanding 47. Jika di LaLiga, Ronaldo punya 34 hat-trick sementara Messi punya 36.