Liga178 News, Indonesia – Pemerintah akan merencanakan menghapus subsidi gas elpiji 3 kilogram atau gas melon pada pertengahan tahun 2020 nanti.

Wacana yang berkembang, tabung gas 3 kilogram tersebut hanya dapat dibeli sebanyak tiga kali dalam sebulan. Selain itu pemerintah juga akan menerapkan skema penyaluran elpiji 3 kg secara tertutup.

Hingga saat ini, pemerintah masih akan melakukan pembahasan dengan stakeholder terkait, antara lain pada PT Pertamina (Persero), Kemerintahan Keuangan, Kementrian ESDM, Kementrian Perekonomian, Kemenko Maritim dan Investasi, serta Kementrian BUMN.

Menanggapi hal tersebut, VP Corpate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan bahwa pihaknya akan selalu memastikan ketersedian produk dan memastikan Lembaga penyalur untuk siap dengan mekanismenya.

“Pertamina akan selalu memastikan availability produk dan memastikan Lembaga penyalur akan siap dengan mekanisme distribusi tertutup.” Ujar Fajriyah saat Pemerintah terkait mekanisme distribusi elpiji 3 kg.

Pertamina juga akan siap jika sewaktu-waktu akan dilaksanakan mekanisme distribusi LPG 3 kg dengan system tertutup. Dan hingga saat ini masih dengan menunggu arahan selanjutnya dari Pemerintah tidak berwenang untuk menentukan harga pasar LPG 3 kg.