Liga178 News, Kuala Lumpur – Malaysia mengumumkan akan melakukan lockdown  untuk menghentikan penyebaran virus corona COVID-19 dilakukan selama dua minggu.

Lockdown akan dilakukan terhitung sejak 18-31 Maret 2020, seluruh warga dilarang untuk meninggalkan Malayasia, sedangkan warga Malaysia yang akan kembali dari luar negeri harus melalui pemeriksaan kesehatan dan menjalani karantina sendiri selama 14 hari.

Tidak hanya itu, warga negara asing juga disebut tidak diizinkan memasuki Malaysia, berbagai acara pertemuan dan Gerakan publik, termasuk acara keagamaan, pertemuan olahraga, kegiatan social, dan budaya akan dilarang. Sekolah dan Lembaga Pendidikan juga akan ditutup demi melawan virus corona COVID-19.

Pemerintah akan melihat peningkatan kasus COVID-19 yang terjadi dalam waktu singkat pada negara lain. Menurutnya, pihaknya tidak akan menunggu sampai situasi di Malaysia semakin memburuk. Dihimbau untuk masyarakat untuk tidak panik dan tetap bersabar, dengan langkah lockdown dapat membantu menghentikan penyebaran corona.

Pihak pemerintah Malaysia akan melakukan pemantauan dan pengawasan secara ketat terhadap para wisatawan mencanegara maupun domestic yang akan datang ke wilayah tersebut. Langkah ini untuk mengurangi penyebaran virus yang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan virus corona.