Jakarta- Mati lampu yang melanda Jabodetabek dan Bandung baru-baru ini membuat se- jawa gelap tanpa di terangi lampu penerangan. Hingga tiga Jaringan penyedia komunikasi seluler yakni XL Axiata, Terlkomsel,dan Indosat terkena dampak pemadaman Listrik yang di Jakarta dan sekitarnya. Senior Vice President Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk akibat dari mati lampu ini membuat kualitas jaringan Indosat menurut hinga 10 persen akibat gangguan tersebut.

“Sehubungan dengan gangguan pasokan listrik di bebearapa daerah seperti jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, 10 persen jarangan Indosat Ooredoo terkena dampak. Dan ini berimbas pada menurunnya kualitas layanan”. Kata Turina.

Pada saat ini Teknisi Indosat di lapangan juga turut mencoba memperbaiki gangguan layanan tersebut. Turina melalui keteranganya meminta maaf atas layanan pada saat ini terganggu akibat penurunan kualitas.

Baca Juga : Masyarakat Merasa Dirugikan, Kompensasi Listrik Padam Massal

Kualitas jaringan pun berimbas pada jaringan XL Axiata yang mengalami penurunan kualitas hingga 20 persen lebih besar di bandingkan indosat. Penurunan secara umum terjadi di Jabodetabek serta beberapa jawa lainnya. Hingga penurunan kualitas akses internet dan Voice ini sangat berdampak bagi pengguna XL di daerah daerah tertentu.

Akibat dari penurunan kualitas tersebut sekarang XL axiata melakukan rekayasa trafik jaringan dan penyediaan baterai serta genset cadangan.

Terakhir, penyedia jasa komuniasi Telkomsel belum bisa mendetail persentase pengurangan kualitas layanan. “ Untuk Kondisi jaringan telkomsel, kami saat ini masih mengnventarisir jumlah perangkat jaringan yang terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan ini dan memastikan back up power berfungsi di perangkat jaringan kami secara maksimal”. Ujar Denny.

Plt Dirut PLN, Srippeni inten Cahyani Meyebut pukul 16.27 merupakan tahap recovery yang memastikan pasokan listrik dari jawa timur masuk PLTA Cirata dan Saguling. Dua Lokasi ini mengambil peran sebagai stabilisator pasokan daya yang akan di kirim ke wilayah barat.

Nantinya, sambung Cahyani pasokan listrik itu akan masuk ke pos PLN di Gandul, Depok. Kemudian akan di teruskan sesuai Kebutuhan listrik di Jawa barat dan DKI Jakarta. Pasokan Listrik untuk DKI akan disuplai melalui PLTU Muara karang , Jakarta utara.