Jakarta – Banyak hal yang dapat sebabkan gangguan tidur di malam hari. Terutama makanan yang dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur.

Beda jenis makanan, beda pula efek yang dihasilkan pada tubuh. Seperti halnya jika makan es krim di malam hari justru akan membuat perut sakit setelah mengonsumsinya. Ini menjadikan beberapa makanan sebaiknya dihindari agar bisa tidur dengan nyenyak.

Jika makanan yang Anda konsumsi tidak diperhatikan ketika hendak tidur, maka Anda akan sering terbangun di malam hari entah untuk sekedar minum air putih atau buang air yang menjadikan pola tidur terganggu.

  1. Pizza

    Anda tentu menyukai makanan asal Italia ini. Makan pizza pada malam hari memang sangat menggoda, tetapi hindari jika Anda ngidam pizza sebelum tidur. Saus tomat yang asam pada pizza dapat membuat Anda sakit perut saat tengah malam.

    Selain itu, makan pizza pada saat makan malam akan menambah banyak kalori yang tidak Anda butuhkan. Pasalnya pizza sendiri disajikan dengan berbagai macam topping atau bahkan tambahan ekstra keju.

  2.  Kopi

    Kopi memang sangat cocok dinikmati saat bersantai dan mengobrol bersama teman. Namun jika meminumnya di malam hari, dapat meningkatkan denyut jantung sehingga membuat Anda gelisah dan cemas. Ditambah Anda akan kesulitan untuk tertidur. Tetapi jika Anda tetap menginginkan kopi, cobalah untuk konsumsi paling lambat enam jam sebelum tidur.

  3. Sereal manis

    Tidak masalah jika Anda ingin memakan sereal sebelum tidur, namun usahakan agar sereal tersebut adalah yang rendah gula dan kaya akan serat. Hindari sereal manis karena akan dicerna langsung oleh tubuh, sehingga dapat menghambat produksi hormon tidur Anda.

  4. Makanan pedas

    Makanan pedas tentu akan mengganggu Anda saat sedang tidur. Makanan yang mengandung banyak capsaicin atau senyawa yang membuat cabai pedas justru sebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan. Hal ini tentu sangat mengganggu kualitas tidur jika dikonsumsi di malam hari.

  5. Soda

    Soda mengandung sangat banyak sekali asam. Asam dalam soda dapat merusak katup antara perut dengan esofagus. Selain itu karbonasi dapat meningkatkan tekanan di perut yang dapat menyebabkan perut mulas. Bahkan soda juga penuh dengan gula, dan gula tersebut dapat menyebabkan tidur Anda kurang nyenyak.