Jakarta,Liga178News- Sejumlah pihak kecewa dengan keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk menghentikan pendanaan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait pandemic virus corona.

Seperti dilansir AFP, Kamis (16/4), Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengecam langkah trump tersebut.

“Sekarang bukan saatnya untuk mengurasi sumber daya untuk kegiatan WHO atau Lembaga kemanusiaan lainnya yang tengah berjuang menghadapi virus,: kata Guterres.

Bahkan konglomerat sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates, menyatakan keputusan Trump menghentikan sumbangan untuk WHO sangat berbahaya.

Trump beralasan menghentikan sementara pendanaan untuk WHO karena dia menuduh Lembaga itu keliru dalam mengambil kebijakan dan menutupi penyebaran virus corona.

Trump mengatakan AS menymbang US$400 juta kepada WHO pada 2019. Menurut dia, korban jiwa akibat virus corona sebenarnya bisa ditekan jika WHO bisa membeikan penilaian secara akurat Ketika wabah itu merebak pada akhir tahun lalu di China.

Blok Barat juga tidak sepakat dengan cara Trump menghentikan sementara sumbangan untuk WHO, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, menyatakan menyesalkan keputusan Trump tersebut.

“Tidak ada alasan untuk membenarkan Tindakan tersebut saat ini, Ketika kita malah butuh upaya lebih untuk mengendalikan dan menghadapi pandemic virus corona. Hanya dengan menggabungkan kekuatan kita bisa melalui krisis yang tidak mengenal batas ini” cuit Borrel melalui akun Twitter.