Liga178News – kepala dinas perhutanan DKI Jakarta Suzi marsitawati membatas kerisis lahan untuk pemakaman di ibu kota. ,menurutnya luas lahan di Jakarta masih aman.

Terkait dengan kabar makam tumpang di tempat pemakaman umum pondok rangon, Jakarta timur, suzi menyebut hal tersebut karena keinginan kelurga.makam tumpang merupakan makam yang dapat digunakan oleh lebih dari satu jenazah.

“yangditumpang itu makam keluarga. Sebenarnya lahan makam kita itu banyak di tegal alur di taman kusir, masih lahan baru itu masih banyak tapi kenapa keluarga itu suka di tumpang ‘makam idola’ karena seperti rumah,” kta suzi

Lebih lanju, suzi menyampaikan pihaknya masih akan memperbaiki sejumlah makam. Menurutnya dengan begit, masyarakat yang tadinya tidak mau menggunakan lahan di makam yang bukan’idola’ bisa beralih ke makam lain yang baru diperbaiki nantinya.

Perbaikan atau revitalisaasi sejumlah makam itu nantinya akan sudag selesai pada 2022. Perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

“jadi ada 17 makam di Jakarta yang nanti, (seperti) tanah kusir sudah ada data yang kita sudah ada desainnya itu seperti taman. Tidak menyeramkan,” terang dia.

Selaian itu, suzi juga menjelaskan bahwa pihaknya alan menyediakan sejumlah fasilitas yang dibutuhkan masyarakat saat melakukan pemakaman mulai dari tenda, kursi , hingga pengeras suar. Semuanya, kata dia disediakan secara gratis.

Menurut suzi, kini dinas perhutanan tengah memasang sejumlah sepanduk untuk mengarahkan warga Jakarta agar melakukan pemakaman melalui jalur pelayanan pempov DKI.

‘di situ orang langsung baya, langsung dapat izin dan lainya”katanya

Sebelumnya, pengelola tempat pemakaman umum pondok ranggon , mulai memberlakukan tumpang jasad dalam satu liang lahan jelang gabis masa tamping pada januari 2020.

“kondisi lahan untuk pemakaman baru sudah krisis. Untuk pemakaman baru agar ditumpang dengan jasad keluarga sebelumnya,” kata kepala satuan pelaksana tempat pemakaman umum pondok rangon, marton sinaga.