Jakarta, Indonesia – Berhubungan seks jelas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut pakar kesehatan, efeknya berdampak pada kondisi emosional dan juga fisik. Bahkan, banyak yang meyakini bahwa berhubungan seks bisa membuat tubuh terasa bugar, menurunkan berat badan, dan yang paling terakhir menurunkan kadar kolesterol.

Tapi benarkan hubungan seksual ada hubungannya dengan kadar kolesterol? Berikut faktanya!

Faktor yang Menurunkan Kolesterol

Sebelum memulai pembahasan ini, anda harus paham dulu tentang apa itu kolesterol. Kolesterol merupakan sejenis zat yang menyerupai lemak yang secara alamiah ada di dalam tubuh anda. Walaupun berbahaya bila berlebihan, namun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Akibatnya? Resiko penyakit jantung dan stroke semakin tinggi.

Kolesterol darah memang akan meningkat seiring bertambahnya usia. Pola makan yang tinggi lemak jenis, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan merokok bisa memicu kadar kolesterol.

Agar bisa menurunkan kolesterol, anda wajib menjauhi faktor-faktor tersebut. Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, menjaga berat badan ideal, berhenti merokok, dan rajin untuk berolahraga.

Tapi Benarkan Seks Bisa Menurunkan Kolesterol?

Menurut penelitian, langkah yang paling mudah untuk menurunkan kolesterol adalah olahraga. Tentu saja, tidak bisa satu atau 2 kali olahraga, melainkan dijadikan kegiatan setiap hari. Beberapa jenis olahraga yang paling tepat untuk menurunkan kolesterol adalah jogging, tenis, bersepeda.

Namun baru-baru ini banyak yang berpikiran jika melakukan seks bisa menurunkan kolesterol. Ini karena berhubungan seks akan menimbulkan rasa lelah dan membuat detak jantung meningkat. Namun pada kenyataannya, kegiatan sesksual bukan termasuk aktivitas fisik karena jumlah energi ynag dibakar tidak terlalu banyak.

Sebuah penelitian ynag dimuat oleh jurnak PLoS ONE menebukan bahwa pria membakar kurang lebih 100 kalori selama melakukan seks dan wanita lebih sedikit yaitu 69 kalori saja.