Liga178 News- Satwa langka terus bermunculan seiring lockdown dilaksanakan di berbagai negara di dunia. Kali ini, di Teluk Negara Thailand muncul Seekor lumba-lumba pink.

Kehadiran lumba-lumba pink itu berhasil diabadikan melalui video oleh nelayan di Teluk Thailand. Dalam video itu terlihat tiga ekor lumba-lumba pink yang berenang mendekati perahu nelayan di sekitar Pulau Koh Pha Ngan di tenggara Thailand.

“Saya sangat terkesan karena saya tidak pernah membayangkan akan melihat lumba-lumba pink,” kata nelayan Chaiyot Saedan sebagaimana diwartakan Reuters.

Lumba-lumba pink Thailand merupakan subspesies lumba-lumba punggung bungkuk Indo-Pasifik. Satwa ini ditetapkan sebagai spesies yang terancam punah oleh Union For Conservation of Nature. Biasanya, lumba-lumba pink hanya ditemukan di China, Hong Kong, dan beberapa tempat di Sungai Amazon.

Menurut Direktur Phuket Marine Biological Center, Kongkiat Kittiwatanawong, lumba-lumba pink di sekitar Teluk Thailand itu jumlahnya sekitar 150 ekor.

“Karena berkurangnya lalu lintas karena lockdown Corona, lumba-lumba sekarang memiliki habitat yang lebih nyaman, itu sebabnya mereka cenderung lebih sering muncul,” kata Kongkiat.