Jakarta – Leher pegel bukan lah hal yang biasa bagi manusia saat bangun di pagi hari. Ditambah pekerjaaan yang seharian menatap komputer dan bermain Media Social.

Pegalnya leher umumnya disebabkan karena otot melemah akibat postur yang buruk atau penyalahgunaan. Saat kita menatap komputer seharian bisa menyebabkan otot di sekitar sendi leher menjadi lelah dan kelamaan diregangkan.

Pilihan lain adalah menggunakan bantal khusus kesehatan atau ‘memory’ foam yang mengikuti bentuk kepala dan leher agar lurus dengan tulang punggung. Hindari penggunaan bantal yang terlalu keras atau tinggi karena meregangkan leher semalaman dan akibatnya menjadi kaku di pagi hari.

Jika tidur menyamping, usahakan punggung tegap lurus menggunakan bantal yang agak tinggi di bawah leher dari kepala.

Tidur tengkurap sangat tidak disarankan karena bisa memutar kepala ke satu arah selam berjam-jam. Dr Bang juga menyebut tidur tengkurap juga bisa berdampak pada tulang punggung karena perut bisa terdesak ke kasur karena tidak cukup penyokong.

Atasi pegal leher pagi ini dengan cara-cara berikut:

1. Kompres hangat atau dingin di area yang sakit, atau bisa gunakan air hangat saat mandi.
2. Konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau asetaminofen
3. Tetap gerakkan perlahan, namun jangan sampai menyentak atau melakukan aktivitas yang menyakitkan agar meredakan rasa sakit dan mengurangi inflamasi.
4. Lakukan latihan gerakan lambat seperti pemanasan, perlahan gerakkan leher ke atas dan ke bawah, ke kanan dan ke kiri, lalu tarik telinga untuk membantu meregangkan otot leher.
5. Meminta pasangan atau anggota rumah untuk memijat bagian yang sakit
6. Ganti kasur dengan yang keras atau bantal khusus