Liga178 News – Berakhir unjuk rasa pada kematian George Floyed, protes demonstran mengecam kematian Floyd akibat ulah polisi di Minneapolis memasuki hari ke-enam┬ámeluas di AS.

Jam malam diberlakukan di kota-kota besar Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (30/5) imbas unjuk rasa diwarnai bentrokan akibat kebrutalan polisi yang menewaskan pria kulit hitam George Floyd. Para demonstran seperti mengabaikan peringatan Presiden AS Donald Trump.

Dilansir AFP, Minggu (31/5/2020), Minneapolis, pusat dari kerusuhan tersebut, menjadi amat mencekam setelah 5 malam berturut-turut dilanda kekerasan. Polisi anti-huru-hara menembakkan gas airmata ke para pendemo unjuk rasa yang melampiaskan amarah mereka atas kematian George Floyd dalam sebuah penangkapan.

Los Angeles, Chicago dan Atlanta memerintahkan warganya untuk tinggal di rumah semalaman setelah banyak negara bagian memanggil tentara Garda Nasional untuk membantu mengendalikan kerusuhan sipil yang sudah lama tak terlihat Amerika Serikat dalam bertahun-tahun.

Dari Seattle hingga New York, puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan menuntut tuntutan pembunuhan yang lebih keras dan penangkapan lebih banyak atas kematian George Floyd. George Floyd tewas setelah petugas kepolisian Minneapolis, Derek Chauvin, menginjak lehernya dengan lutut selama hampir sembilan menit.