Jakarta, Liga178 News — Bioskop Korea Selatan mulai kembali beroperasi dalam beberapa hari terakhir. Beberapa aturan serta sistem diberlakukan demi terus meredam penyebaran virus corona, salah satunya adalah teknologi untuk memastikan penonton tetap menggunakan masker ketika menonton.

Jaringan bioskop terbesar di Korea Selatan, CGV, menggunakan teknologi kamera Smart Pass yang secara otomatis memeriksa suhu tubuh dan penggunaan masker pengunjung. Sistem teknologi itu sudah diberlakukan di 115 bioskop yang tersebar di Korea sejak Jumat (29/5).

Teknologi Smart Pass bisa mengetahui pengunjung menggunakan masker dengan benar atau tidak. Smart Pass akan bereaksi ketika seseorang tidak mengenakan masker dengan benar atau tidak sepenuhnya menutupi hidung.

Smart Pass juga bisa menghalau pengunjung masuk bioskop atau studio apabila belum mengenakan masker secara benar. Tak hanya itu, sistem teknologi itu juga tidak akan mengizinkan pengunjung masuk apabila memiliki suhu 37,5 derajat setelah beberapa kali pengecekan.

Sementara itu, pihak bioskop juga diwajibkan untuk mengatur tempat duduk sehingga penonton satu dengan yang lain tetap dalam jarak aman. Studio wajib selalu dibersihkan dan desinfeksi sebelum dan setelah penayangan film.

Karyawan bioskop wajib mematuhi aturan karantina, seperti langsung mengambil cuti ketika demam, batuk atau menunjukkan gejala Covid-19, serta harus sering mencuci tangan.