Jakarta – Sampai saat ini, situs pengecekan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang disediakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) masih tidak bisa diakses. Terkait hal itu, Kemenperin menyampaikan agar masyarakat tidak panik.

Najamudin selaku Kepala Subdirektorat Industri Peralatan Informasi dan Komunikasi, Perkantoran, dan Elektronika Profesional Kemenperin mengatakan, situs pengecekan nomor IMEI tersebut tengah dalam perbaikan.

Kalau yang sudah pakai kartu SIM Card atau sudah masuk jaringan operator, nggak perlu khawatir dan nggak perlu cek IMEI juga, karena HP mereka akan tetap aktif sampai peraturan berlaku,” ujarnya saat dihubungi Liga178 News, Selasa (16/7/2019).

Berikut langkah-langkah untuk mengecek IMEI:

  1. Persiapkan IMEI. Caranya dengan mengetik keypad *#06# di ponsel. Atau bisa melakukan pengecekan di bagian setting (pengaturan) dan biasanya tertera di bagian About Phone.
  2. Akses situs https://www.kemenperin.go.id/imei
  3. Masukkan kode IMEI ke kolom khusus
  4. Klik tombol simpan di bagian bawah kata IMEI

Jika IMEI ponsel kamu terdaftar maka akan muncul informasi tentang merek, tipe ponsel dan perusahaan distributor.

Bagi para pedagang ponsel yang ingin memeriksakan nomor IMEI jualannya, Najamudin mengatakan hal serupa. Menurutnya tidak usah risau kalau smartphone yang diperdagangkan itu merupakan produk resmi.

Untuk pedagang dengan HP resmi (dapatnya dari produsen resmi), nggak perlu cek IMEI. Kan yang repot, toko dengan HP bodong/tidak bayar pajak, tidak terdaftar di Kemenperin. Apa mau cek IMEI juga?” sebutnya.

Aturan validasi IMEI ini sampai sekarang masih terus digodok oleh pemerintah melalui tiga kementerian. Regulasi ini dibuat untuk menekan peredaran ponsel black market (BM) alias ilegal yang masuk ke Indonesia tanpa dikenakan pajak sehingga berpotensi menghilangkan pendapatan negara.

Sejauh ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih menggodok regulasi IMEI. Rencananya, 17 Agustus nanti menjadi momen penandatanganan masing-masing peraturan menterinya. Untuk implementasi, hal itu disebut masih terus dibahas di lintas kementerian, termasuk dengan pihak terkait.

Adapun manfaat aturan IMEI bagi masyarakat antara lain adanya kejelasan aftersale atau layanan purnajual dari vendor. Selain itu, aturan IMEI ini memungkinkan masyarakat kehilangan atau ponselnya tercuri dapat menonaktifkan perangkat tersebut. Pada akhirnya, ponsel itu tidak bisa terhubung dengan SIM Card dari operator seluler manapun.