Jakarta, Liga178 News – Mantan pasangan pemimpin di DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), ‘reuni’ dengan posisi yang kini berbeda. Pertemuan itu dinilai menjadi tantangan untuk Ahok yang kini duduk sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Pertemuan keduanya terjadi saat Presiden Jokowi meninjau kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada Sabtu (21/12/2019). Di Instagram, Ahok mengunggah fotonya bersama Jokowi serta arahan agar menuntaskan pengembangan Kawasan TPPI.

Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily, mengatakan pertemuan itu menjadi tantangan untuk Ahok dan jajaran Pertamina. Arahan Jokowi soal penuntasan kilang TPPI tentu harus jadi perhatian.

Tentu pertemuan ini merupakan tantangan (challange) bagi Ahok untuk dan jajaran Pertamina untuk menuntaskan TPPI sebagai pusat industri petrokimia nasional yang akan menghasilkan produk turunan petrokimia dan bahan bakar minyak (BBM) agar lebih produktif,” kata Ace saat dihubungi, Minggu (22/12/2019).

Tinggal dibuktikan sama Ahok apakah arahan Presiden Jokowi ini bisa dilakukan dengan tuntas sama Pertamina,” sambungnya.

Terlepas dari itu, Ace menilai sebenarnya ‘reuni’ Jokowi-Ahok itu hal biasa. Dia berharap pertemuan keduanya tak ditafsirkan macam-macam.

Pertemuan Presiden Jokowi dan Ahok BTP biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Pertemuan profesional dimana Presiden Jokowi memberikan arahan kepada Meneg BUMN, Dirut salah satu BUMN dan Komisaris Utama BUMN. Tidak perlu ditafsirkan macam-macam,” ujarnya.