Jakarta, Liga178 NewsHari ini tepatnya 22 Desember 2019 merupakan perayaan Hari Ibu Nasional. Perayaan hari ibu pada hari ini hanya dirayakan di Indonesia saja. Sementara di negara lainnya hari ibu biasanya dirayakan pada pekan kedua bulan Mei. Sementara dibeberapa negara Eropa dan Timur Tengah.

Penentuan tanggal Hari Ibu di Indonesia ditetapkan oleh presiden pertama Ir.Soekarno yang bertepatan dengan kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada 22 Desember 1928.

Kongres itupun diselengarakan oleh sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa, Sumatera, dan juga Kalimantan. Kongres yang berawal dari semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Saat kongres yang ketiga di Bandung pada 1938, telah diputuskan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Kemudian Presiden Soekarno menetapkan Dekrit RI No.316 Tahun 1953. Indonesia Menetapkan setiap 22 Desember yang diperingati sebagai Hari Ibu.

Awalnya hari Ibu diperingati untuk mengenang jasa dan semangat kaum perempuan dalam memperjuangkan dan juga mengisi kemerdekaan. Perayaan Ibu Nasional Ibu juga dirasakan untuk menghargai jasa Ibu dalam berbagai hal, termasuk karier, urusan rumah tangga, dan kodrat alami sebagai Ibu.