Liga178 News, Indonesia – Hal di putuskan dari pemerintah untuk memutuskan dengan menutup penerbangan dari dan ke China mulai pada Rabu (5/2/2020).

Diputuskan setelah Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

“Penerbangan langsung dari dan ke mainland RRT (China) ditunda untuk sementara waktu, mulai pada Rabu, pukul 00.00 WIB” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Pangkalan TNI AU Halim perdanakusuma, Minggu.

Dalam konferensi pers, Menlu didampingi Menteri Perhhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Baca juga : Batik Air Evakuasi WNI dari Wuhan, Kenapa Bukan Garuda Indonesia?

Kebijakan itu merupakan poin ketiga dari kesimpulan hasil rapat terbatas yang dipimpin Presiden. Pion lain yang disampaikan pemerintah adalah, total dari 285 orang akan menjalankan obervasi di Natuna, Kepulauan Riau.

Sebanyak 243 dari jumlah itu merupakan mereka yang dipulangkan dari Wuhan, lima orang di antaranya adalah tim aju atau tim pendahulu. Lalu mereka yang sudah berada di China selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan masuk ke Indonesia maupun melakukan transit.

Pemerintah mencabut untuk sementara visa bebas visa dan visa on arrival untuk warga Negara China. Poin terakhir, pemerintah meminta warga Negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke China.