Liga178 News – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menanggapi isu gelaran Olimpiade 2020 Tokyo terancam batal digelar menyusul wabah virus corona.

Zainudin mengatakan Indonesia sampai saat ini masih menunggu keputusan dari tuan rumah Jepang terkait keberlangsungan Olimpiade yang rencananya digelar mulai 24 Juli sampai 9 Agustus 2020. Meski begitu, setiap negara peserta memiliki kebijakan masing-masing.

Sebelumnya, mantan atlet renang renang yang saat ini menjadi anggota IOC, Dick Pound menyebut estimasi keputusan akhir penyelenggaraan Olimpiade 2020 Tokyo bakal dikeluarkan pada akhir Mei mendatang. Pound menilai Olimpiade tidak mungkin dipindah ke lain tempat kendati ada tawaran dari negara lain.

Menpora memastikan keputusan akhir penyelenggaraan Olimpiade 2020 pada Mei mendatang tidak bakal mempengaruhi pendistribusian anggaran yang diberikan pemerintah untuk persiapan para atlet.

Zainudin menegaskan bahwa proses pembinaan dan pemusatan latihan para atlet sampai saat ini tetap berjalan walaupun diganggu isu virus corona yang penyebarannya semakin luas. Per Kamis (27/2), tercatat sudah 2.801 orang meninggal dunia akibat infeksi virus corona.