Liga178 News – Sebuah video yang dipublikasikan oleh media Korea Selatan memperlihatkan bagaimna jenazah Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di Kapal China dilempar ke tengah laut.

Video yang dirilis stasiun televisi MBC itu diulas oleh youtuber Jang Hansol di Kanalnya, Korea Reomit, pada Rabu waktu setempat (6/5/2020). Dalam video bertajuk “Ekslusif 18 jam sehari kerja, Jika jatuh sakit dan menginggal, lempar ke laut,” Kanal Youtube MBC memberitakan jenazah ABK Indonesia yang dilempar ke laut dari kapal China.

Dalam video yang beredar tersebut, disebutkan MBC mendapatkan rekaman tersebut setelah kapal kebetulan tengah bersandar di Pelabuhan Busan. Kapten Kapal China menyebut anak buah kapal asal Indonesia yang di buang ke laut sebenarnya di larung, pernyataan itu tercantum dalam situs web Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, Kamis (7/5/2020).

“Kapten menjelaskan bahwa keputusan melarung jenazah karena kematian disebabkan penyakit menular dan hal ini bedasarkan persetujuan awak kapal lainnya.” Demikian yang tertulis di keterangan berjudul “Perkembangan ABK Indonesia yang saat ini berada di Korsel”

Dalam video itu, kanal MBC memberikan tajuk “Ekslusif 18 jam sehari kerja, jika jatuh sakit dan meninggal, dilempar ke laut.”

Kejadian ABK dibuang ke laut ini tertangkap kamera saat kapal ikan Long Xin 605 dan Tian Yu 8 yang berbendera China berlabuh di Busan, Korea Selatan. Kedua kapal tersebut membawa 46 awak kapal WNI dan 15 di antaranya berasal dari kapal Long Xin 629, terang pernyataan Kemlu RI.

Sementara itu KBRI Seoul yang berkoordinasi dengan otoritas setempat telah memulangkan 11 awak kapal pada 24 April. Sebanyak 14 awak kapal lainnya akan dipulangkan pada 8 Mei. KBRI Seoul juga sedang mengupayakan pemulangan jenazah awal kapal lainnya akan dipulangkan pada 8 Mei.