Jakarta, Liga178 News – Lowongan professional cuddler atau jasa peluk professional yang tengah viral di media sosial mendapat sorotan dari psikolog. Satu sisi, Ratih Ibrahim, psikolog dari personal Growth memandangnya sebagai salah satu jenis pekerjaan baru.

“baik atau engga ini ( professional growth ) relatif, karena masih baru. Tapi, ini mungkin bisa jadi pilihan jenis pekerjaan yang baru, “katanya saat ditemui, Sabtu (22/2).

Meski demikian, tentunya bisa ada dampak positif ataupun negative. Dalam psikologi, terapi tidak boleh dilakukan dengan menyentuh pasien sembarangan.

“Karena masih baru, ini bakalan jadi pekerjaan bersih atau ada prostitusi terselubung di situ, saya engga tahu. Kalau kita mau melihat ini dari perspektif positif jadinya positif, kalau nggak ya jadinya negative,”Jawab Ratih.

Ratih menjelaskan, dalam ranah psikologi klinis professional tidak boleh menyentuh pasien sembarangan, meskipun untuk terapi. Hal seperti ini harus ada pertanggung jawaban.

“Kita engga boleh sembarangan menyentuh pasien, meskipun itu terapi. Karena bisa jadi intervensi dalam ranah privasi dia. Bisa jadi pelecehan seksual atau malpraktik,”tegasnya.