Liga178 News, Jakarta – Latifah, seorang pengemudi ojek online mengaku didatangi debt collector untuk ditagih cicilan kendaraanya walau sudah berjanji akan memberikan keringanan.

Sebelumnya telah beredar video Presiden Jokowi yang menyatakan penangguhan cicilan selama setahun untuk pengemudi ojek online. Dan ia pun telah menunjukan video Jokowi yang menyatakan hal tersebut, namun hal itu tidak lantas membuat pihak leasing mengurungkan niatnya untuk menagih cicilan dari Latifah.

Latifah menceritakan, debt collector itu datang ke rumahnya di Kawasan Condect, Jakarta Timur, Jumat (27/3/2020) sore ini. Ia menjelaskan kepaa debt collector itu bahwa ia belum memiliki uang untuk membayar cicilan, dan ini adalah cicilan motornya yang ke-20.

Latidah sudah mengetahui bahwa Presiden Joko Widodo menjanjikan penangguhan cicilan selama setahun bagi ojek online, dan mengetahui dari rekan-rekannya sesame ojek online. Ia akhirnya menunjukkan video pernyataan Jokowi itu yang sudah ia simpan sebelumnya. Namun, debt collecter tersebut menegaskan bahwa belum ada surat keputusan apapun yang diterima pihak leasing.

Latifah kemudian menyampaikan kembali ke debt collecter bahwa ekonominya saat ini sedang sulit karena dampak kebijakan physical distancing akibat virus corona Covid-19. Penanggulan cicilan kendaraan selama setahun bagi ojek, supir taksi dan nelayan diumumkan Presiden Jokowi pada Selasa (24/3/2020) lalu.

Latifah pun berharap Presiden Joko Widodo benar-benar bisa memastikan kebijakannya kepada debt collector untuk menangguhkan cicilan kendaraan setahun bagi pengemudi ojek online untuk benar-benar berjalan di lapangan.