Liga178news — Pemerintah mesir menyambut baik penemuan lebih dari 20 peti mati kuno atau sarkofagus oleh sekelompok arkeolog selama beberapa tahun terakhir.

Mesir menuturkan puluhan peti kuno itu merupakan “ salah satu penemuan terbesar dan paling penting”. Peti-peti mati itu ditemukan di assasif, sebuah area pekuburan atau necropolis di tepi barat sungai Nil.

Melalui kicauan di twitter, kementrian arkeologi mesir mengatakan peti mati itu utuh dan di segel. Kumpulan sarkofagus itu terkubur dalam keadaan ditumpuk menjadi dua tingkatan, di mana ukiran asli wajah tangan pada peti masih terlihat jelas.

Mesir memang tengah gencar melakukan pencairan arkeologi barang-barang purbakala, termasuk di valley of the king yang menjadi situs pemakanan utama para raja mesir dari dinasti ke-18-20.

Pekan lala, kementrian arkeologi mesir mengumumkan bahwa sekolompok arkeolog juga telah menemukan 30 bengkel yang dahulu di gunakan untuk membuat furniture keperluan pemakaman raja-raja di wilayah tersebut.

Para peneliti juga menemukan tempat pembakaran untuk memproduksi tembikar dan logam. Tempat-tempat tersebut berasal dari tahun 1292 hingga 1539 sebelum masehi.

Kementrian arkeologi mesir juga menuturkan pihaknya tengah mencari makam ratu Nefertiti dan putrinya yang merupakan istri raja Tutankhamen.

Para peneliti arkeologi juga sedang mencari situs pemakaman tiga raja mesir besar.