Liga178 News, Jakarta – Semakin berkembangnya perkembangan zaman, tersedia pula berbagai perkembangan teknologi yang semakin bagus dan menarik salah satunya pada smartphone.

Hampir semua pengguna smartphone ketika ingin membeli gadget terbaru khusus nya pasti akan tertarik dengan tawaran smartphone dengan megapiksel kamera yang semakin tinggi. Dengan menjanjikan kualitas dengan hasil jepretan terbaik. Keunggulan yang ditawarkan merupakan dengan besarnya megapiksel yang semakin tinggi dan ram yang besar.

Anggapan beredar dengan semakin besar megapiksel sebuah kamera handphone maka akan semakin bagus kualitas foto yang dihasilkan akan semakin bagus. Maka untuk saat ini semakin ramai pula bermunculan Realme X, Samsung A80, hingga OnePlus 7 Pro dikeluar pada tahun ini dengan menyematkan kamera dengan sensor 48MP.

Dengan pengeluaran terbaru pada smartphone Apple Iphone 11 tentunya sangat mengegerkan warganet, terutama pada pecinta Apple Iphone dengan saling membombong untuk memilikinya. Sementara itu pada pengeluaran terbaru Apple Iphone masih menggunakan kamera dengan bersensor 12 MP.

Namun, tahukah anda ? Dengan semkain besar nya megapiksel pada kamera yang di tawarkan maka tidak akan menjamin dengan semakin bagusnya pada smartphone tersebut. DxMark age labs yang biasa mengukur kualitas kamera justru mengatakan kamera bersensor tinggi dapat menganti kamera optikal zoom yang terlalu rumit untuk di sematkan di badan ponsel yang memiliki ruang terbatas.

Hasil jepretan yang diambil menggunakan piksel yang tinggi maka jika diperbesar kualitasnya akan jauh lebih baik di banding dengan piksel rendah pada smartphone. Satu megapiksel dengan sama dengan satu juta piksel, maka untuk satu gambar yang diambil menggunakan kamera 48MP terdiri dari kumpulan 48 juta kumpulan piksel yang menyusunnya.

Tidak sedikit pula kita menemukan foto yang diambil dengan mengguankan megapiksel kamera 12 MP namun kualitasnya jauh lebih baik dari pada foto dengan menggunakan piksel lebih tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena ukuran sensor mempengaruhi hasil dan kualitas dari foto yang di ambil.