Jakarta, Liga178 News – Thareq Habibibe memberikan penjelasan perihal tentang dia menggunakan penutup mata yang sebelah kanan yang bikin penasaran public. Thareq menjelaskan, dia menggunakan penutup karena kerusakan mata sejak 3,5 tahun lalu dan bisa meelihat lebih baik dengan menutup salah satunya.

“Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaucoma. Glaukoma adalah dimana di mata terjadi perubahan tekanan. Akibat tekanan yang tinggi itu, di bagian belakang cahaya akan masuk, itu namanya retina ya. Retina itu karena kegencet jadi sel-selnya hancur. 100 persen udah hancur” kata Thareq

Penutup mata yang digunakan Thareq sekilas mirip seperti bajak laut, dengan warnanya yang hitam dan pengikat kepala. Hal ini menjadikan penutup mata Thareq berbeda dengan yang digunakan pasien usai operasi.

Kondisi gangguan retina akibat diabetes bukan hal baru dalam dunia medis. Kondisi ini kerap disebut retinoapati diabetic yang bila dibiarkan bisa menurunkan daya penglihatan.

“Gangguan retina akibat diabetes atau retinopati diabetic bisa menyebabkan gangguan mata berat. Bisa juga menyebabkan kebutaan, salah satu akibat glaukomo neovaskular” Kata dokter spesialis mata dr. Gitalisa Andayani, SpM(k), dari fakultas kedokteran Universitas Indoesia- Rumah sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

Kondisi galukoma sendiri ditandai dengan tekanan dalam bola mata yang mencaapi lebih dari 21 mnHg. Teknanan dalam bila mata jangan sampai terlalu tinggi dan ditangani secepatnya, untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi kebutaan.