Liga178 News, Jakarta – Harga jual ponsel resmi tidak berpengaruh dari Regulasi IMEI yang tersedia pada masing-masing smartphone ketika diterapkan pada April 2020 mendatang.

Aturan tanpa menggunakan IMEI pun harga ponsel tidak berpengaruh untuk konsumen dalam menggunakannya. Tanpa ada nya aturan IMEI harga ponsel bisa turun-naik tergantung pada persaingan pasar. Secara resmi ponsel yang di perjualkan dapat menghasilkan pendapatan tambahan bagi para vendor ponsel yang tersedia di Indonesia.

Akan tetapi konsumen lebih terpoteksi karena menggunakan ponsel resmi yang sesuai pada aturan pemerintah. Mengenai asal-usul barang kapan di produksi dan produsernya juga melalui proses izin sesuai pada izin aturan pemerintah. APSI menilai aturan validasi IMEI bisa memberi kepastian bisnis bagi distribusi resmi. Adanya aturan ini bisa menekan peredaran ponsel dari pasar gelap yang tidak sehat bagi indunstri ponsel dalam negeri.

Pengguna ponsel nantinya sudah bisa melalukan pengencekan nomor IMEI melalui aplikasi ponsel. Saat ini Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bersama Kementrian Perindustrian (Kemenperin) saat ini tengah merampungkan aplikasi pengecekan melalui nomor IMEI. Namun untuk saat ini, Rudiantara mengatakan aplikasi yang dimaksud masih belum bisa digunakan