Jakarta – Setelah beraktivitas seharian kadang membuat seseorang Susah Tidur di malam hari dan berujung dengan Begadang. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi kelelahan.

Latihan peregangan ini dapat membantu untuk mengurangi kemungkinan cedera dan meningkatnya aliran darah ke otot. Selain itu, latihan yang dilakukan malam hari ini juga dapat membantu mengendurkan otot dan membuat tubuh rileks saat akan tidur.

Jika dilakukan dengan benar, Peregangan ini dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat dan tenang. Dikutip dari Livestrong, gerakan peregangan ini bisa dicoba di atas kasur sesaat sebelum tidur.

  1. Warrior one

    Gerakan ini dilakukan sambil berdiri. Majukan salah satu kaki ke depan dan kaki lainnya ke belakang. Jaga agar kaki depan dan belakang sejajar dengan lurus. Angkat kedua tangan di atas kepala dan rentangkan badan agar bagian dada terbuka lebar. Ulangi dan ganti posisi kakinya sesuai dengan arahan yang sama.

    2. Foward bend

    Berdiri dengan dua kaki. Selanjutnya, tekuk tubuh ke depan hingga posisi kepala ada di dekat lutut dan arahkan tangan ke belakang tubuhmu. Arahkan tangan ke langit-langit di belakang tubuh dengan posisi tangan dan kaki selurus mungkin.

    3. Cat/dog

    Posisikan tangan dan lutut kamu di atas kasur atau lantai seperti posisi merangkak. Putar kepala dari bawah ke atas dan kemudian lengkungkan punggung ke dalam dan luar.

    4. Seated side bend

    Duduklah di atas kasur atau bantal yang terdapat di atas lantai dengan posisi kaki bersila. Letakkan satu tangan di alas sambil merenggangkan badan ke arah tangan tersebut. Tangan yang bebas diarahkan ke atas kepala. Ulangi ke sisi satunya.

    5. Sleeping swan

    Duduklah di lantai sambil menekuk satu kaki dan rentangkan kaki lainnya ke belakang. Sandarkan tubuh ke depan, tepat di antara kedua kaki yang sebelumnya dialasi bantal. Jaga agar posisi badan tidak berpindah dengan tangan yang di rentangkan ke depan, searah dengan badan. Tahan posisi selama 8-10 detik, kemudian ganti kaki. Sambil melakukan gerakan ini, atur napas dengan perlahan melalui hidung untuk membuat tubuh rileks.