Jakarta, Liga178News– Presiden Korea Selatan Moon Jae In meminta Korea Utara berhenti meningkatkan permusuhan dan kembali pada upaya perundingan denuklirisasi.

Dia juga menyebut para pesaing tidak boleh membalikkan kesepakatan damai yang ia capai dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada KTT 2018.

Upaya Presiden Moon Jae-in untuk meredakan permusuhan yang meningkat terjadi ketika Jumat lalu. Korea Utara mengancam kaan menghancurkan kantor perhubungan dan mengambil langkah militer terhadap Korea Selatan.

Jika itu dilakukan, penghancuran kantor tersebut dapat menimbulkan kemunduran serius terhadap upaya Moon untuk meulihkan rekonsiliasi Korea dan menemukan solusi negosiasi masalah nuklir Korea Utara.

Sebagai upaya menenangkan Korea Utara, pemerintah Moon bersumpah untuk melarang kampanye pendudukan sipil. Namun Korut menilai tanggapan korsel tersebut kurang tuls. beberapa pengamat mengatakan Korea utara sangat frustasi karna Seoul gagal melepaskan dari Washington dan menghidupkan kembali proyek ekonomi bersama yang berhenti dan ditahan oleh sanksi yang dipimpin AS.

Moon mengatakan Korea Utara dan Korea Selatan harus mengambil inisiatif dalam menemukan terobosan, menyebut dua negara itu sebagai “tuan takdir untuk Semenanjung Korea” Dia mengatakan pemerintahnya akan terus berusaha mempromosikan dialog dengan Korea Utara.