Liga178 News, Jakarta – Di penghujung akhir tahun 2019, Indonesia masih saja dikabarkan menjadi ke-3 penular atau pegindap penyakit berbahaya yakni TBC.

Menurut laporan yang dilakukan oleh WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia 2018, secara Global, Indonesia berada di peringkat ke-3 sebagai pengidap TBC terbanyak di dunia dengan perkiraan sekitar 845 Ribu Kasus TBC.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia sudah memiliki rencana untuk membasmi / Hilangkan TBC, targetnya akan di estimasi akan musnah pada tahun 2035.

Adapun Menkes mengatakan “Karena TBC mudah menyebar dan menginfeksi, kita harus bersama-sama memeranginya karena kita menjadi nomor 3 di dunia, mau tidak mau harus kerja keras”, saat dijumpai di Agenda Stop TB di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (10/12/2019).

Dikabarkan bahwa Presiden Jokowi memang menaruh perhatiannya terhadap masalah TBC sejak dahulu. Oleh sebab itu diperlukan kerja sama yang kuat antara kementrian untuk mengatasi TBC, semua dilakukan agar demi kesejahteraan bersama, selalu Hidup Indonesia jangan pernah menyerah dengan penyakit TBC ini, karena sudah ada pengobatannya hanya belum mengerti cara mencegahnya.

Hal ini juga memerlukan bantuan dari aparat lainnya seperti PKK, Posyandu dan Puskesmas jika memang ingin Indonesia bangkit dari penyakit ini, semua harus mengatasnamakan atau bertujuan untuk Kesehatan Indonesia.

Untuk kedepannya nanti, Perpres akan mengurai secara detail kementrian apa saja yang akan di fokuskan agar penanganannya bisa terarah dan tepat sasaran.