Jakarta, Liga178 News – Bukan hal yang tabu bila memilih jurusan kuliah itu salah. Bahkan ada yang mengulang nya bertahun-tahun, lantaran tidak mau nasib hidup untuk kedepan nya suram. Untuk mendapatkan ilmu yang tepat juga ditentukan hidup selama bertahun-tahun. Mulai dari berkarier hingga pola hidup yang bebas. Ini semua bertepatan dengan mata kuliah yang akan nantinya diambil. Maka dari itu tidak boleh sembarang asal ambil mata kuliah, harus ada banyak perimbangan yang tepat.

Tak semua bentuk pilihan mata kuliah bisa menentukan masa depan karier. Namun ada juga sebagian orang yang sebaliknya sukses dengan pilihan mata pelajaran kuliah yang salah. Itu semua tergantung dari kemauan ketika dialami pada bangku masa sekolah SD, SMP, dan juga SMA/SMK. Bahkan ada yang lulusan sekolah sd saja, bisa sukses berkarier tanpa kuliah. 27% lulusan sarjana di Australia yang menjalani profesi sesuai jurusan mata kuliah yang diambil.

Tak hanya sebagai objek pekerjaan, penentu jurusan mata kuliah juga berpengaruh besar terhadap keseriuan calon mahasiswa. Menjalani segala tugas kuliah, berikut ini dia 7 arahan yang bisa membuat pertimbangan anda dalam memilih jurusan kuliah secara tepat :

  1. Hobi dan Minat

Mengetahui hobi dan minat bukanlah sekedar impian apa yang menarik bagi seseorang. Namun seberapa seriusnya sesuai minat menjalani perkuliahan dengan senang hati. Tugas mata kuliah menumpuk tak jadi beban atau masalah jika sudah tertarik dan bisa menjalaninya.

  1. Potensi Diri

Disamping dari minat dan hobi, potensi yang terpendam dari dalam diri. Akan lebih optimal bila minat disertai dengan kemampuan yang dimiliki. Setiap orang memiliki keunggulan dari dalam dirinya, masing-masing itu tergantung dari memilih jurusan mata kuliah sesuai dengan potensi diri.

  1. Peluang Karier Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Namun disamping itu perhatikan potensi dan juga peluang karier. Bisa saja cita-cita jurusan yang anda ambil, bisa meningkatkan peluang berkarier. Hal tersebut sama sekali tidaklah salah. Meningat setiap orang perlu cermat dalam sebelum menentukan mata bidang studi. Dan juga program taraf hidup dimasa mendatang nya.

  1. Jurusan Dengan Keunggulan Universitas

Tidak pada semua program kuliah seimbang, namun universitas dengan rangking tinggi juga bisa memiliki jurusan tertentu yang di unggulkan. Jika sudah memiliki perencaaan yang matang, ikutilah program yang dimiliki oleh keunggulan dari mata study universitas tersebut.

  1. Sesuaikan Modal

Ada beberapa program mata study, yang memiliki dana untuk kuliah lebih besar. Modal inilah yang membuat guncangan bagi para mahasiswa. Pikirkan juga biaya perkuliahan semester yang diambil, dalam kegiatan sehari-hari. Seperti uang buku, biaya praktikum, biaya hidup dan sebagainya. Setiap jurusan memiliki pengeluaran yang berbeda-bebeda.

  1. Test Mata Pelajaran

Meski tidak 100% efektis membaca potensi dan karakter yang dimiliki. Namun test kepriadian boleh dijadikan sebagai referensi dalam menentukan jurusan yang cocok. Test mata pelajaran bisa menganalisis minat, nilai-nilai, serta karakter anda dalam menentukan mata pelajaran yang sesuai.

  1. Pendapat dari orang-orang terdekat

Meski anda mengikuti suara hati, juga mintalah pendapat dari orang terdekat. Seperti orang tua, pacar, saudara, ataupun cara pandang orang lain. Pertimbangkan semua masukan-masukan dari orang lain.

Semoga 7 arahan hal diatas bisa menambah keyakinan anda, dalam memilih program study kuliah yang anda jalani. Semakin banyak opsi dan juga masukan, justru semakin membuka peluangmu untuk sukses dimasa mendatang.