Jakarta, Liga178 News – Penting nya mencuci baju yang baru dibeli sebelum digunakan. Sangat membahayakan, jika mengintai jika sering mengenakan baju baru yang belum dicuci. Alasan ini juga disetujui oleh pihak pembuat baju ternama. Walaupun baju sebelumnya sudah dicuci sebelum pembuatan selesai. Ada bahaya yang selalui mengintai ketika anda mengunakan nya. Jadi berhati-hatilah sebelum mengunakan pakaian baru, sebelum anda membelinya.

Baju yang masih baru mengandung sisa perwarna tekstil yang amat tinggi. Terutama pada berpakaian yang berbahan sintetis seperti polyester dan juga nilon. Saat tubuh berkeringat zat pewarna akan larut dan masuk kedalam pori-pori. Dan juga bersentuhan langsung dengan kulit.

Ketika mengenai kulit, Zat Pewarna Tekstil yang sedang tinggi lantaran belum dicuci. Reaksi pada kulit akan menyebabkan pada alergi. Alergi yang paling umum yaitu dermatitis kontak terhadap alergi. Reaksi yang terkait pada system kekebalan tubuh terhadap allergen yang bersentuhan pada lapisan dermatis yaitu kulit.

Reaksi yang ditimbulkan biasanya tak muncul secara langsung, akan tetapi tertunda. Karena pada lapisan pori-pori ruam akan muncul beberapa hari, setelah mengunakan baju baru yang belum dicuci. Dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Ruam yang muncul ditempat yang biasanya berkeringat seperti belakang leher dan juga ketiak.

Selain zat pewarna tekstil yang menyebabkan kealergian, sebuah peneliti juga sudah menemukan maraknya zat kimia baju baru quinoline. Zat kimia itu diketahui bersifat jahat atau bisa memicu terhadap kanker kulit. Untuk mengetahui pakaian yang dibuat dengan mengunakan zat-zat berbahaya. Anda bisa melihat pada warna yang mencolok atau tidaknya. Dan nyaman untuk digunakan atau malah menyebabkan iritasi pada kulit. Maka sebainya segera anda cuci berkali-kali, sebelum digunakan baju baru bahaya tersebut.

Untuk mengurangi resiko alergi dan berbagai penyakit yang akan dialami. Nedorost menyarankan agar selalu mencuci baju baru sebelum untuk digunakan. Tujuan nya yaitu adalah menurunkan sisa zat pewarna tekstil dan residu bahan kimian terhadap pakaian.