Liga178- Pemerintah China menolak permintaan izin perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, untuk berkunjung ke Kota Wuhan yang ditutup akibat wabah virus corona.

“Mempertimbangkan fakta pemerintah Kota Wuhan sedang berusaha sekuat tenaga untuk mengahadapi wabah dan ketatnya agenda, maka kami tidak bisa mengatur kunjungan pada saat ini” kata juru bicara Kementrian Luar Negeri China, Hua Chunying, dalam jumpa pers di Beijing.

Alasan Hun Sen hendak mengunjungi Wuhan adalah untuk meninjau langsung dan memastikan para mahasiswa Kamboja yang berada di China tetap tenang dan tidak perlu takut dengan wabah virus corona. Sebelumnya, dia dikritik karena meminta warganya yang terjebak di Wuhan tetap tenang dan tidak mengevakuasi mereka dari China. Hun Sen dikenal sebagai sekutu China. Atas kritik masyarakat, Hun Sen tetap dengan keputusannya. Bahkan dia mengancam akan mengusir wartawan yang mengenakan masker saat jumpa pers. Saat ini terdeteksi ada satu orang yang positif terinfeksi virus corona di Kamboja.

Dia adalah seorang lelaki asal China yang berasal dari Wuhan. Komisi Kesehatan China melaporkan hingga hari ini kasus penyebaran virus corona tercatat 28.018 di seluruh dunia. Kematian akibat virus corona di China secara total mencapai 562 dan di seluruh dunia tercatat 564.