Liga178 News, Jakarta – Makanan Seafood adalah makan yang paling digemari, selain lezat dan gurih, ternyata juga bisa memberikan bahaya bahkan hingga kematian.

Alergi Seafood terjadi akibat reaksi dari beberapa protein yang ada pada makanan tersebut yang tidak cocok dengan tubuh kita dan akhirnya di respon oleh sistem immune kita seperti layaknya bakteri atau sesuatu yang berbahaya yang menyebabkan ruam, dll.

Akan tetapi tidak semua makanan seafood akan menyebabkan alergi karena pada umumnya biasanya terjadi pada jenis krustasea dan moluska, seperti Udang, Cumi – Cumi, Kepiting, Lobster, Tiram dan Kerang.

Meskipun seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada juga beberapa faktor lainnya seperti parasite dan racun juga bisa menyebabkan hal tersebut. Kotoran Udang yang terletak di usus seperti layaknya benang panjang pada area punggung. Area itu yang kerap membuat orang mengalami alergi. Akan tetapi selain hal tersebut, bisa juga makanan yang Anda sudah pesan tidak lagi segar atau sudah ada 1 – 2 hari berlalu atau bahkan lebih.

Ada beberapa orang bisa mengalami alergi saat mengonsumsi satu jenis Seafood saja, tetapi ada juga yang memiliki kasus langka seperti alergi terhadap semua makanan Seafood. Akan tetapi biasanya alergi ini kerap terjadi pada remaja dan orang dewasa ketimbang anak – anak.

Berikut adalah Gejala Alergi Seafood yang akan muncul di tubuh jika tidak sengaja memakan Seafood:

  1. Gatal – gatal, baik itu seluruh tubuh atau di beberapa bagian tertentu.
  2. Mulut dan tenggorokan terasa gatal atau panas.
  3. Terjadi ruam merah atau mungkin pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.
  4. Terjadi reaksi kuat terhadap usus yang disertai dengan muntah dan diare.

Ada beberapa diantaranya yang memiliki gejala yang bahkan sampai pingsan, dikutip dari Australian Society of Clinical Immunology of Allergy (ASCIA), terdapat gejala yang untuk sebagian orang lebih parah ketimbang dengan gejala umunya seperti yang diatas, yaitu berupa:

  1. Kesulitan bernapas atau sesak napas
  2. Hilang kesadaran atau pingsan
  3. Tekanan darah menurun drastic hingga dalam keadaan shock sehingga dapat mengancam jiwa.

Disarankan bagi kalian yang masih ingin setidaknya merasakan Seafood akan tetapi memiliki alergi, periksa kembali makanan yang kalian konsumsi dan bagaimana cara penyiapannya. Makanan yang tidak segar akan memicu alergi lebih cepat dan mungkin lebih parah.

Bagi kalian yang memiliki alergi yang lebih parah terhadap Seafood, seperti yang sudah dijelaskan di atas, lebih baik untuk tidak makan Seafood sama sekali. Disarankan untuk datang ke dokter dan mengetahui spesifikasi makanan Seafood apa yang menyebabkan reaksi tersebut dan jika memang kasusnya lebih parah seperti yang diatas sebutkan yaitu alergi terhadap semua Seafood, maka sebaiknya membeli suplemen untuk menggantikan protein yang sama seperti makanan tersebut.

Karena pada dasarnya makanan Seafood itu kaya akan kandungan asam lemak Omega3 yang sangat penting untuk tubuh. Jadi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memenuhi kebutuhan tersebut.