Jakarta, Liga178News —  facebook meluncur fitur berita sekaligus membayar kantor media untuk sejumlah berita yang muncul dalam fitur baru tersebut.

Langkah ini di ambil setelah 25 tahun facebook terkesan mengabaikan perusahaan media dengan memakan pendapatan iklan begitu saja.

Facebook hanya akan menampilkan berita utama. Beberapa media yang dipilih untuk menyajikan berita it, antara itu, antara lain wall street journal, Washington post, buzzfeed.

Nantinya, penggunjung facebook yang menekan fitur berita akan langsung masuk ke situs atau aplikasi berita penerbit. Hal ini itu merupakan permintaan penerbit atau perusahaan media.

Sejauh ini, managemen facebook enggan memaoarkan media apa saja dan berapa banyak yang akan mendapatkan bayaran. Hanya saja, chief executive officer memastikan pihaknya akan merajut hubungan jangka panjang dengan penerbit.

“ ada peluang untuk mengatur hubungan keuangan jangka panjang yang stabil dengan penerbi,” icapnya dalam sebuah wawancara dengan the associated press.

Diketahui beberapa perusahaan media sudah lama mengeluh dengan model bisnis facebook yang seringkali memanfaatkan berita berita untuk keuntungan media sosial itu sementara.

Sementara, undang-undanag bipartisan yang akan di perkenalkan dalam kongres tahun ini akan memberikan pembebasan kepada perusahaan media untuk melakukan negosiasi pembayaran dari platform teknologi besar.

“ini adalah arah yang bahwa mereka bersedia untuk pertama kalinya membayar konten berita,”