Jakarta, Liga178 News – belum lama ini, jagad twitter ramai membalas biaya pernikahan Rp. 500 juta. Netizen pun memeberikan beragam reaksi atas topik tersebut. beberapa di anataranya membuat perhitungan besar biaya pernikahan Rp500 Juta dibandingkan dengan pendapatan dan pengeluaran tiap bulan.

Lain halnya dengan pesta pernikahan. tak ada batasan maksimal untuk biaya pesta pernikahan karena menyesuaikan dengan keinginan dan kemampuan finansial calon pengantin. jika ingin menekan biaya pesta pernikahan, mike menuturkan salah satunya adalah membatasai jumlah tamu undangan.

Pasalnya jumlah tamu undangan akan mempengaruhi tempat penyelenggaraan pesta, katering yang harus disajikan, suvenir yang dibagikan serta dekorasi ruangan. untuk menyiasati jumlah tamu undangan adalah dnegan cara membatasinya siapa yang akan diundang.

Tips menghemat budget lainnya adalah melangsungkan pesta pernikahan di rumah. dengan demikian, calon pengantin tidak perlu mengeluarkan anggaran sewa gedung. tetapi, jika halaman rumah tidak memungkinkan, maka mau tidak mau pengantin mengambil paket pernikaham.

Selain harganya lebih ringan, memilih paket pernikahan juga meringankan beban calon pengantin dalam mempersiapkan pernak-pernik pernikahan. biasanya, pihak vendor menyediakan paket pernikahan yang meliputi gedung, dekorasi dan katering. tetapi, calon pengantin harus jeli membandingkan paket pernikahan sehingga mendapatkan harga yang lebih ringan