Liga178 News, Indonesia – Viral beredar  foto di media sosial dengan foto tidak senonoh saat kelulusan para siswa merayakan coret kelulusan, para siswa ini mendadak alim saat minta maaf pakai hijab.

Di Indonesia sudah menjadi tradisi merayakan hari kelususan dengan coret-coret seragam. Coret-coret tersebut sebagai bentuk ungkapan ekspresi kebebasan sebab tidak perlu mengenakannya lagi. Umumnya para siswa berkumpul di suatu tempat dan mencoret seragam serta saling memberikan tanda tangan di seragam rekannya.

Selain kenangan berupa memo atau tanda tangan dari teman Angkatan, tradisi ini tetap langgeng, karena sudah biasa dan umum tidak menjadi persoalan. Namun bagaimna jika coret sragam di tengah pandemic, saat anjuran untuk karantina, para siswa berkumpul dan mengabaikan protocol Covid-19 untuk melakukan physical distancing.

Seperti viral sebuah foto para siswa SMA yang melakukan corat-coret di sebuah lapangan bertanah merah. Foto yang sempat ramai di media sosial, aksi tersebut sampai mendapatkan perhatian dari kementrian Pendidikan dan kebudayaan, pasalnya akan dilakukan Tindakan lanjutan melalui dinas Pendidikan setempat.

Berselang beberapa waktu, salah seorang siswa yang melakukan aksi tersebut menggungah permohonan maaf. Salah seorang murid perempuan menggunakan jilbab cokelat mewakili siswa lainnya untuk meminta maaf. Ia mengakui Tindakan yang dilakukan merupakan hal yang salah.

Namun video klarifikasi itu menjadi sorotan, sebab para siswa tersebut menggunakan hijab dan gamis kontras sekali dengan foto dan video saat mereka merayakan kelusulusan.Seragam mereka dipenuhi dengan gambar yang tidak sepatutnya.