Jakarta, Liga178News – Badan Antariksa Amerika (NASA) siap menerbangkan helicopter di Mars. Nantinya, helicopter ini akan digunakan untuk menurunkan rover Perserverance di planet merah itu.

Penerbangan ini dijadwalkan bakal berlangsung antara 17 Juli 2020 atau 5 Agustus 2020. Para teknisi NASA mesti menyelesaikan rover itu selama 14 minggu yang dikerjakan di Kennedy Space Center, Florida, AS Sebelum diterbangkan ke Mars.

Mereka menempatkan hidrokin monopropellant seberat 401 kilogram ke empat tangka bahan bakar. Langkah ini diperlukan sebagai bahan bakar saat helicopter memasuki atmosfer Mars.

Nantinya propelan (bahan bakar atau sumber tenaga suati mesin roket) akan diumpankan dengan sebuah tekanan melalui baja dan titanium tubing ke dalam delapan mesin pendaratan rover.
Kemudian Ketika helicopter melaju sampai ketinggian 2.200 meter mesin rover akan menjadi lebih lambat sekitar 0,75 meter per detik, seperti dikutip laman resmi NASA.

Saat helicopter sampai di Mars, tali berbahan nilon akan berputar keluar untun  menurunkan rover pada ketinggian 7,6 meter. Setelah rover mendarat di permukaan Jezero Crater Mars, kabel penghubung akan terputus.

“Dalam serratus hari terakhir sebelum misi peluncuran Mars PENUH DENGAN BERBAGAI PROSES PENTING, Memperkuat tahapan untuk mencapai permukaan Mars merupakan Langkah besar,” kata salah satu teknisi NASA untuk misi Mars 2020, David Gruel.

“Kami akan terus menguji dan mengevaluasi kinerja helicopter dan rover sebelum misi peluncuran, Kendati begitu, kami bisa mengatakan bahwa rover Perseverance siap ditempatkan di permukaan Mars,” lanjutnya.