Liga178 News, Indonesia – Indonesia berhasil meraih mendali Emas di SEA Games 2019 di cabang badminton dari nomor beregu putra usai mengalahkan Malaysia 3-1 di Muntinlupa Sports Complex, Rabu (4/12).

Indonesia membuka keunggulan 1-0 atas Malaysia melalui tunggal putra Jonatan Christie yang berhasil memenangi 21-19 dan 21-17 atas Lee Zii Jia. Jonathan tampil pada pertandingan pertama tanpa kesulitan melawan lee. Pengembalian service dari lee yang tidak menyangkut di net membuat Jonathan memenangi babak pertama dengan skor 21-9.

Dilanjuti pada babak kedua Indonesia, setelah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah dengan skor 17-21 dan 13-21 dari Aaron Chia Teng Fong/Soh Wooi Yik. Fajar/Rian kesulitan melawan Chia/Soh pada permainan cepat Chia/Soh membuat Fajar/Rian harus kalah dengan skor 17-21 di gim pertama.

Ginting kalah di gim pertama 13-21, tapi kemudian bangkit lagi di gim kedua dengan menang 21-15. Kesalahan Soong dalam melakukan service menambah poin bagi Ginting sekaligus menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-18. Kemenangan Indonesia atas Malaysia di nomor beregu putra ditentukan Wahyu Nyaka/Ade Yusuf yang mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di tunggal putra kedua.

Di gim pertama Wahyu/Ade menang 21-16, Drop shot Ade Yusuf ke sisi tengah yang tidak bisa dikembalikan Ong/yeo membuat Indonesia menutup gim kedua  dengan kemenangan 21-19 sekaligus meraih emas beregu putra. Prestasi ini membuat Indonesia mempertahankan emas beregu putra SEA Games setelah pada 2017 indonesia juga mengalahkan Malaysia.