Jakarta, Liga178 News — Matahari yang sedang dalam fase lockdown pada saat ini diprediksi bisa memicu fenomena alam di bumi. Ahli mengatakan penurunan aktivitas matahari berpotensi mengakibatkan kejadian bencana seperti periode Minimum Dalton pada abad 17.

Ahli menjelaskan fase lockdown menunjukkan aktivitas matahari berkurang drastis yang biasa disebut periode solar minimum. Hal itu ditandai menghilangnya bintik-bintik matahari.

kondisi matahari lockdown bisa mengakibatkan pancaran sinar kosmik bertambah di tata surya, kemudian memicu fenomena alam. Hal itu disebut bakal lebih terasa di kutub utara.

Sinar kosmik yang berlebihan disebut sanggup memicu petir yang jadi ancaman kesehatan.

Pada periode Minimum Dalton (1790-1830) sempat terjadi beberapa fenomena alam karena aktivitas matahari rendah yang membuat suhu global turun. Pada periode itu cuaca sangat dingin, terjadi gagal panen, kelaparan, dan letusan gunung berapi signifikan.

Temperatur di bumi sempat turun hingga 2 derajat Celcius selama lebih dari 20 tahun, ini dikatakan sempat bikin Sungai Thames di Inggris membeku dan badai petir melanda Bumi pada abad ke-17 dan ke-18.