Jakarta, Liga178News- Banjir kembali menggenangi wilayah Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/4), dengan ketinggian bervariasi mulai 10cm hingga 2,3 meter.

Berdasarkan data yang dirilis Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar , Pukul 20”00 WIB, banjir menggenangi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, dan Kecamatan Bojongsoang.

Di Kecamatan Dayeuhkolot, ketinggian muka air (TMA) mulai dari 10cm hingga 2,3 meter. Sedangkan di Kecamatan Baleendah, TMA berkisar dari 20 cm hingga 2,2 meter. Kemudian TMA di Kecamatan Bojongsoang berkisar antara 10-140cm.

Kondisi banjir ketiga kecamatan tersebut sempat surut. Namun hujan yang mengguyur wilayah Bandung dan sekitarnya sejak siang tadi membuat ketinggian air meningkat.

Total rumah terdampak banjir selama dua pekan terakhir berjumlah 26.531 unit.

Manajer Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan, pihak BPBD telah mendirikan dapur umun tanggap darurat bencana di wilayah kecamatan terdampak

“BPBD Provinsi Jabar mengirimkan tim dapur umum lapangan ke Gedung Inkanas Baleendah,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sebenarnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau lokasi pengungsi banjir di Aula Desa Dayeuhkolot pada Rabu :1/4) lalu. Selain memberikan bantuan logistic, Emil juga meminta pengungsi untuk melakukan physical distancing di saat pandemi virus corona.