Jakarta, Liga178 NewsRatusan Warga di Desa Gunong Pulo, Kabupaten Aceh Barat mengalami banjir bandang. Akhirnya para warga masih mengungsi lantaran rumah mereka terendam banjir dengan ketinggian mata air satu meter.

Tercatat sekitar 106 kepala keluarga (KK) atau sekitar 360 jiwa, yang mengalami dampak dari Banjir dikawasan tersebut. Kondisi air sudah mulai surut, tapi warga masih nyaman berada ditempat pengungsian.

Banjir juga melanda desa Cot Amun, Kabupaten Aceh Barat. Akibat dari terendam nya banjir setinggi 1 meter. Puluhan warga terserang penyakit, diantaranya flu, batuk, demam dan juga wabah penyakit lainnya. Lantaran Musim Hujan yang berkepanjangan dan terus terusan melanda.

Pengobatan dilakukan secara terus menerus, dengan cara mendatangi langsung ke warga yang terjangkit dilokasi banjir. Petugas dari puskesmas langsung siaga, untuk mengoperasi sigap para masyarakat.

Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh juga memberikan semangat dan motivasi kepada ratusan pegungsi di Desa Gunong Pulo. Ia Berhadap agar bantuan yang diberikan pihaknya dan dari cabang BNI Meulaboh dapat memenuhi kebutuhan para korban bencana banjir.

Akibat dari banjir meluapnya aliran sungai di daerah ini, menyebabkan banjir di sejumlah kecamatan. Diantaranya Kecamatan Samatiga, Woyla, Woyla Timur, Woyla Barat, Meureubo serta Johan Pahlawan, pada Kabupaten Aceh Barat.

Ketinggian sempat mencapai sekitar 150 CM dibeberapa titik. Sejauh ini masih aman dan berangsur surut. Meski begitu BPBD setempat terus memantau perkembangan dilokasi nya langsung.