Jakarta, Liga178 NewsPada setiap film kartun, keju yang dibentukan sebagai gambar belubang-lubang. Membuat jadi lezat dari yang dibayangkan. Pada tahap fermentasi, memang makanan ini biasanya akan difermentasikan berhari-hari.

Proses fermentasi ini inilah yang menyebabkan Lubang Keju. Terutama dibagian negara Swiss, yang memiliki keju paling lezat dan asin gurih.

Bukan dari persembunyian tikus atau serangga, melainkan bolong nya pada keju. Disebabkan oleh bakteri baik yang tumbuh, seiring dengan proses penuaan keju.

Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang kemudian dikonsumsi bakteri p.shermani. Sambil dimakan bakteri baik ini akan mengeluarkan gas karbondioksida. Ilmuwan mengungkapkan bahwa hal inilah yang penyebabkan kantong udara kecil yang akhirnya menciptakan lubang pada keju.

Dilansir dari Kuliner institute makanan, sebuah penelitian pada 2015 yang dilakukan oleh Lembaga pertanian swiss.

Makin lama, semakin lama maka prosesisasi dari pemerah susu sudah mengunakan mesin otomatis. Pemerah yang biasanya tradisional, kini menjadi sangat modern.

Tentu lubang-lubang Keju tidak semakin besar, melainkan semakin kecil. Karena bakteri yang terkandung semakin dikit.

Kondisi ini ditambah dengan gas sisa bakteri keju pembuat lubang. Kombinasinya menyebabkan lubang Keju Swiss berukuran menjadi besar.